a.
Peran dan fungsi guru
·
Tugas dan Peran Guru
Tugas guru merupakan suatu proses memndidik,
mengajar, dan melatih peserta didik. Mendidik berarti meneruskan dan
mengembangkan nilai-nilai hidup (afektif). Mengajar berarti meneruskan dan
mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (kognitif). Adapun melatih berarti
mengembangkan keterampilan para siswa (psikomotorik).
Untuk melaksanakan ketiga tugas pokok tersebut,
seorang guru dituntut mempunyai beberapa kemampuan sebagai berikut :
1. Berwawasan
luas, menguasai bidang ilmunya, dan mampu mentransfer atau menerangkan kembali
kepada siswa.
2. Mempunyai
sikap dan tingkah laku (kepribadian) yang patut diteladani sesuai dengan
nilai-nilai kehidupan (values) yang dianut masyarakat dan bangsa.
3. Memiliki
keterampilan sesuia dengan bidang ilmu yang dimilikinya.
Dalam
melaksanakan tugasnya, guru memiliki beberapa peran, antara lain:
1.
Peran Guru sebagai Demonstrator
Sebagai demonstrator, guru adalah seorang pengajar
dari bidang ilmu yang ia kuasai. Oleh karena itu, agar dapat melaksanakan
tugasnya dengan baik, seorang guru harus menguasai bahan pelajaran yang akan
diajarkan. Ia harus senantiasa belajar meningkatkan penguasaannya terhadap ilmu
sesuai dengan bidangnya.
2.
Peran Guru sebagai Pengelola Kelas
Sebagai
pengelola kelas, seorang guru harus mampu menciptakan suasana atau kondisi
belajar di kelas. Ia juga harus mamapu merangsang siswa untuk aktif dalam proses
pembelajaran, terampil mengendalikan suasana kelas agat tetap hangat, aman,
menarik dan kondusif.
3. Peran
Guru sebagai Mediator dan Fasilitator
Sebagai
mediator, seorang guru dituntut memilki pengetahuan dan pemahaman yang cukup
tentang media pendidikan sebagai alat komunikasi dalam proses pembelajaran. Dan
terampil memilih, menggunakan, mengusahakan media pendidikan, serta mampu
menjadi media (perantara) dalam hubungan antar siswa dalam proses belajar
mengajar.
Sebagai
Fasilitator, guru hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar dan berguna serta
dapat menunjang tercapainya tujuan dalam proses belajar-mengajar, baik yang
berwujud narasumber, buku teks, majalah, surat kabar, maupun sumber belajar
lainnya.
4. Peran
Guru sebagai Evaluator
Sebagai
evaluator, seorang guru dituntut mampu melakukan proses evaluasi, baik untuk
mengetahui keberhasilan dirinya dalam melaksanakan pembelajaran (feed back),
maupun untuk menilai hasil belajar siswa.
·
Fungsi Guru :
1.
Guru sebagai Pendidika
Salah satu fungsi guru yang umum
adalah sebagai pendidik. Dalam melaksanakan fungsi ini, guru dituntut menjadi
inspirator dan menjaga disiplin kelas. Sebagai inspirator, guru memberikan
semangat kepada para siswa tanpa memandang tingkat intelektual atau tingkat
motivasi belajarnya. Buatlah semua siswa senang bergaul dengan guru, baik di
dalam maupun di luar kelas. Hal ini tentu saja menuntut fleksibilitas yang
tinggi.
Sebagai korektor, ia harus
berusaha membetulkan sikap dan tindakan siswa yang tidak sesuai dengan tuntutan
kehidupan manusia. Hal ini berarti bahwa guru harus mampu memberikan peneguhan
dan hukuman secara tepat.
2.
Guru sebagai Didaktikus
Menurut Benyamin Bloom
sebagaimana dikutip W.S. Winkel (1991:115), kualitas pengajaran sangat
bergantung pada cara penyajian materi yang harus dipelajari. Selain itu,
bagaimana guru menggunakan peneguhan, mengaktifkan siswa supaya berpartisipasi
dam merasa terllibat dalam proses belajar dan bagaimana cara guru memberikan
informasi kepada siswa tentang keberhasilan mereka merupakan cara-cara yang
biasa disampaikan. Semua hal tersebut menuntut keterampilan didaktik guru.
Oleh sebab itu, dalam menjalankan
tugasnya sebagai didsktikus, seorang guru dituntut memiliki keterampilan
sebagai berikut :
a.
Jelas dalam menerangkan dan memberikan tugas.
b.
Bervariasi dalam menggunakan prosedur didaktik.
c.
Cara bekerjanya sistematik.
d.
Mampu menanggapi pertanyaan dan gagasan siswa secara positif.
e.
Memberikan umpan balik yang informatif tentang kemajuan siswa.
b.
Administrasi Kelas
Kelas adalah
sebuah ruang dilembaga pendidikan yang merupakan wadah tempat terjadinya proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan
keterampilan kepada siswa sehingga terjadilah perubahan tingkah laku. Agar
pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan
pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah, dan dilaporkan
hasilnya kepada kepala sekolah yaitu berupa administrasi kelas. Dengan
administrasi / pengelolaan kelas yang baik dan menarik dapat mendorong siswa
untuk belajar dengan baik, yang memungkinkan tercapainya hasil yang baik pula,
dan pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal. Menyebutkan
8 aspek pengelolaan kelas, yaitu:
1. Mengecek
kehadiran siswa.
2.
Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa,
memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa tersebut.
3.
Pendistribusian bahan dan alat
4.
Mengumpulkan informasi dari
siswa
5.
Mencatat data siswa
6.
Pemeliharaan asrip
7.
Menyampaikan materi
pembelajaran
8.
Memberikan tugas/PR
Bidang garapan
administrasi pendidikan, merupakan kegiatan catat mencatat (recording) dan
lapor melapor (reporting) seluruh komponen kegiatan yang dilaksanakan didialam
kelas, yang meliputi:
1.
Buku supervisi
2.
Buku peniramaan dan pengambilan
rapor
3.
Daftar hadir siswa (absen)
4.
Buku penilaian
5.
Buku mutasi siswa
6.
Buku notulen rapat
7.
Grafik absen siswa
8.
Jadwal pelajaran
9.
Buku keuangan
10.
Papan absen harian
11.
Buku tamu
12.
Denah tempat duduk siswa
13.
Buku BP
14.
Daftar inventaris kelas
15.
Buku UKS/berobat
16.
Kalender pendidikan
c.
Administrasi guru
Pada lembaga
pendidikan Ibu/Bapak Guru akan di supervisi oleh Kepala Sekolah masing-masing.
Sekedar mengingatkan dan memberikan masukan alangkah baiknya Ibu/Bapak Guru
mempersiapkannya sejak dini. Berikut Penulis rangkum kelengkapan Administrasi
guru yang perlu dipersiapkan.
Kesiapan
Administrasi Guru Untuk Jadi Guru Profesional, kayanya Guru perlu melengkapi
Administrasi berikut:
1.
Kalender Pendidikan (Sekolah)
2.
Program Tahunan
3.
Program Semester
4.
Silabus
5.
Analisis SK/KD
6.
Prosedur Penilaian
7.
RPP
8.
KKM
9.
Jurnal/Agenda Guru
10. Buku Absensi
11. Daftar Nilai
12. Buku Pegangan
(Buku Paket, Modul, LKS )
13. Bahan Ajar
Berbasis ICT (Power Point)
14. Kisi-kisi
Soal Ulangan
15. Kartu Soal
16. Analisis
Hasil Ulangan
17. Program
Remidial
18. Program
Pengayaan
19. Kumpulan
Soal/Bank Soal
20. Penelitian Tindakan
Kelas
Daftar pustaka
Best Casinos in Las Vegas - JamBase
BalasHapusVegas 여수 출장샵 Casino in Las Vegas is a Las Vegas, 안성 출장안마 NV 속초 출장안마 casino with over 1,600 slot machines, video poker, video 제주 출장마사지 poker 경상남도 출장마사지 and a sports book. Find great rates on