Senin, 16 Juni 2014

Peran, Fungsi Dan Administrasi Guru Dalam Kelas


a.      Peran dan fungsi guru
·         Tugas dan Peran Guru
Tugas guru merupakan suatu proses memndidik, mengajar, dan melatih peserta didik. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup (afektif). Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (kognitif). Adapun melatih berarti mengembangkan keterampilan para siswa (psikomotorik).
Untuk melaksanakan ketiga tugas pokok tersebut, seorang guru dituntut mempunyai beberapa kemampuan sebagai berikut :
1.      Berwawasan luas, menguasai bidang ilmunya, dan mampu mentransfer atau menerangkan kembali kepada siswa.
2.      Mempunyai sikap dan tingkah laku (kepribadian) yang patut diteladani sesuai dengan nilai-nilai kehidupan (values) yang dianut masyarakat dan bangsa.
3.      Memiliki keterampilan sesuia dengan bidang ilmu yang dimilikinya.
Dalam melaksanakan tugasnya, guru memiliki beberapa peran, antara lain:
1.      Peran Guru sebagai Demonstrator
Sebagai demonstrator, guru adalah seorang pengajar dari bidang ilmu yang ia kuasai. Oleh karena itu, agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, seorang guru harus menguasai bahan pelajaran yang akan diajarkan. Ia harus senantiasa belajar meningkatkan penguasaannya terhadap ilmu sesuai dengan bidangnya.
2.      Peran Guru sebagai Pengelola Kelas
Sebagai pengelola kelas, seorang guru harus mampu menciptakan suasana atau kondisi belajar di kelas. Ia juga harus mamapu merangsang siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, terampil mengendalikan suasana kelas agat tetap hangat, aman, menarik dan kondusif.
3.      Peran Guru sebagai Mediator dan Fasilitator
Sebagai mediator, seorang guru dituntut memilki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pendidikan sebagai alat komunikasi dalam proses pembelajaran. Dan terampil memilih, menggunakan, mengusahakan media pendidikan, serta mampu menjadi media (perantara) dalam hubungan antar siswa dalam proses belajar mengajar.
Sebagai Fasilitator, guru hendaknya mampu mengusahakan sumber belajar dan berguna serta dapat menunjang tercapainya tujuan dalam proses belajar-mengajar, baik yang berwujud narasumber, buku teks, majalah, surat kabar, maupun sumber belajar lainnya.
4.      Peran Guru sebagai Evaluator
Sebagai evaluator, seorang guru dituntut mampu melakukan proses evaluasi, baik untuk mengetahui keberhasilan dirinya dalam melaksanakan pembelajaran (feed back), maupun untuk menilai hasil belajar siswa.
·         Fungsi Guru :
1.      Guru sebagai Pendidika
Salah satu fungsi guru yang umum adalah sebagai pendidik. Dalam melaksanakan fungsi ini, guru dituntut menjadi inspirator dan menjaga disiplin kelas. Sebagai inspirator, guru memberikan semangat kepada para siswa tanpa memandang tingkat intelektual atau tingkat motivasi belajarnya. Buatlah semua siswa senang bergaul dengan guru, baik di dalam maupun di luar kelas. Hal ini tentu saja menuntut fleksibilitas yang tinggi.
Sebagai korektor, ia harus berusaha membetulkan sikap dan tindakan siswa yang tidak sesuai dengan tuntutan kehidupan manusia. Hal ini berarti bahwa guru harus mampu memberikan peneguhan dan hukuman secara tepat.
2.      Guru sebagai Didaktikus
Menurut Benyamin Bloom sebagaimana dikutip W.S. Winkel (1991:115), kualitas pengajaran sangat bergantung pada cara penyajian materi yang harus dipelajari. Selain itu, bagaimana guru menggunakan peneguhan, mengaktifkan siswa supaya berpartisipasi dam merasa terllibat dalam proses belajar dan bagaimana cara guru memberikan informasi kepada siswa tentang keberhasilan mereka merupakan cara-cara yang biasa disampaikan. Semua hal tersebut menuntut keterampilan didaktik guru.
Oleh sebab itu, dalam menjalankan tugasnya sebagai didsktikus, seorang guru dituntut memiliki keterampilan sebagai berikut :
a.       Jelas dalam menerangkan dan memberikan tugas.
b.      Bervariasi dalam menggunakan prosedur didaktik.
c.       Cara bekerjanya sistematik.
d.      Mampu menanggapi pertanyaan dan gagasan siswa secara positif.
e.       Memberikan umpan balik yang informatif tentang kemajuan siswa.
b.      Administrasi Kelas
Kelas adalah sebuah ruang dilembaga pendidikan yang merupakan wadah tempat terjadinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada siswa sehingga terjadilah perubahan tingkah laku. Agar pelaksanaan kegiatannya berjalan sesuai dengan tujuan, maka diperlukan pendataan terhadap seluruh komponen pembelajaran untuk diolah, dan dilaporkan hasilnya kepada kepala sekolah yaitu berupa administrasi kelas. Dengan administrasi / pengelolaan kelas yang baik dan menarik dapat mendorong siswa untuk belajar dengan baik, yang memungkinkan tercapainya hasil yang baik pula, dan pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pendidikan secara maksimal. Menyebutkan 8 aspek pengelolaan kelas, yaitu: 
1.      Mengecek kehadiran siswa.
2.      Mengumpulkan hasil pekerjaan siswa, memeriksa, dan menilai pekerjaan siswa tersebut.
3.      Pendistribusian bahan dan alat 
4.      Mengumpulkan informasi dari siswa 
5.      Mencatat data siswa 
6.      Pemeliharaan asrip 
7.      Menyampaikan materi pembelajaran 
8.      Memberikan tugas/PR
Bidang garapan administrasi pendidikan, merupakan kegiatan catat mencatat (recording) dan lapor melapor (reporting) seluruh komponen kegiatan yang dilaksanakan didialam kelas, yang meliputi: 
1.      Buku supervisi
2.      Buku peniramaan dan pengambilan rapor 
3.      Daftar hadir siswa (absen) 
4.      Buku penilaian  
5.      Buku mutasi siswa
6.      Buku notulen rapat
7.      Grafik absen siswa
8.      Jadwal pelajaran 
9.      Buku keuangan
10.  Papan absen harian 
11.  Buku tamu
12.  Denah tempat duduk siswa 
13.  Buku BP
14.  Daftar inventaris kelas 
15.  Buku UKS/berobat
16.  Kalender pendidikan
c.       Administrasi guru
Pada lembaga pendidikan Ibu/Bapak Guru akan di supervisi oleh Kepala Sekolah masing-masing. Sekedar mengingatkan dan memberikan masukan alangkah baiknya Ibu/Bapak Guru mempersiapkannya sejak dini. Berikut Penulis rangkum kelengkapan Administrasi guru yang perlu dipersiapkan.
Kesiapan Administrasi Guru Untuk Jadi Guru Profesional, kayanya Guru perlu melengkapi Administrasi berikut:
1.      Kalender Pendidikan (Sekolah)
2.      Program Tahunan
3.      Program Semester
4.      Silabus
5.      Analisis SK/KD
6.      Prosedur Penilaian
7.      RPP
8.      KKM
9.      Jurnal/Agenda Guru
10.  Buku Absensi
11.  Daftar Nilai
12.  Buku Pegangan (Buku Paket, Modul, LKS )
13.  Bahan Ajar Berbasis ICT (Power Point)
14.  Kisi-kisi Soal Ulangan
15.  Kartu Soal
16.  Analisis Hasil Ulangan
17.  Program Remidial
18.  Program Pengayaan
19.  Kumpulan Soal/Bank Soal
20.  Penelitian Tindakan Kelas



Daftar pustaka


1 komentar:

  1. Best Casinos in Las Vegas - JamBase
    Vegas 여수 출장샵 Casino in Las Vegas is a Las Vegas, 안성 출장안마 NV 속초 출장안마 casino with over 1,600 slot machines, video poker, video 제주 출장마사지 poker 경상남도 출장마사지 and a sports book. Find great rates on

    BalasHapus